Asian Spectator

.
Business Advice

.

Penerbangan dibuka lagi, seberapa besar risikonya menyebarkan COVID?

  • Written by Ahmad Nurhasim, Editor Sains + Kesehatan, The Conversation
Penerbangan dibuka lagi, seberapa besar risikonya menyebarkan COVID?

Sejumlah negara di Asia Tenggara, Asia Timur[1], Asia Barat, Eropa[2], dan Australia makin melonggarkan pembatasan untuk orang-orang yang masuk ke negara tersebut.

Misalnya, Malaysia[3], Singapura,[4] dan Arab Saudi[5], tidak lagi mewajibkan para penumpang pesawat yang yang akan masuk negara tersebut untuk tes PCR dengan hasil negatif pra-keberangkatan. Aturan itu berlaku sepanjang penumpangnya sudah vaksin COVID-19 dua dosis atau booster.

Sedangkan Indonesia, kebijakan per April lalu[6] hingga kini, masih mewajibkan warganya maupun warga negara asing yang masuk ke negara ini untuk mengantongi tes PCR negatif 2 x24 jam dari negara keberangkatan.

Secara umum, selain tekanan ekonomi, pelonggaran itu didasarkan pada cakupan vaksinasi yang telah melebihi 70% penduduk. Selain itu, kasus-kasus COVID-19 yang masih tinggi seperti di Korea Selatan, Jepang, Taiwan dan Australia[7], mayoritas gejalanya ringan dan sistem kesehatan bisa mengatasinya.

Lalu bagaimana risiko penularan COVID-19 antarnegara yang disebarkan penumpang pesawat saat sistem kesehatan setiap negara berbeda kapasitasnya?

Dalam episode podcast SuarAkademia kali ini, kami berbincang dengan ahli Kedokteran Penerbangan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Trevino Pakasi. Dia menganggap kebijakan pelonggaran sebagai tahap “uji-coba” karena pandemi COVID-19 ini sangat kompleks. Misalnya, durasi kemanjuran vaksinasi – walau cakupannya di sejumlah negara sudah tinggi – masih dalam proses riset dan virus terus bermutasi.

Simak diskusi lengkapnya di SuarAkademia - ngobrol seru isu terkini, bareng akademisi.

References

  1. ^ Asia Timur (world.kbs.co.kr)
  2. ^ Eropa (travel.kompas.com)
  3. ^ Malaysia (travel.kompas.com)
  4. ^ Singapura, (www.cnnindonesia.com)
  5. ^ Arab Saudi (www.kompas.com)
  6. ^ kebijakan per April lalu (bisnis.tempo.co)
  7. ^ Korea Selatan, Jepang, Taiwan dan Australia (www.worldometers.info)

Authors: Ahmad Nurhasim, Editor Sains + Kesehatan, The Conversation

Read more https://theconversation.com/penerbangan-dibuka-lagi-seberapa-besar-risikonya-menyebarkan-covid-183029

Magazine

Disparitas pemidanaan: mengapa pelaku kekerasan seksual bisa mendapat hukuman berbeda-beda untuk kasus serupa?

Ilustrasi korban kekerasan seksual.Tinnakorn jorruang/ShutterstockPraktik hukum di Indonesia masih menunjukkan adanya disparitas pemidanaan, yakni ketika ada dua orang atau lebih melakukan tindak pida...

8 aspek penting untuk memastikan keberlanjutan industri nikel dari hulu ke hilir

Isu mengenai hilirisasi nikel Indonesia tengah panas beberapa tahun ke belakang. Ambisi Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sentra produksi baterai kendaraan listrik (EV) dunia membuat akt...

Gangguan dismorfik tubuh: apa yang perlu kita ketahui tentang kondisi kesehatan mental ini

Selebritas Megan Fox dalam sebuah wawancara dengan Sports Illustrated mengungkapkan bahwa dia memiliki dismorfik tubuh (body dysmorphia). Fox mengatakan: “Saya tidak pernah melihat diri saya sep...



NewsServices.com

Content & Technology Connecting Global Audiences

More Information - Less Opinion